Minggu, 21 April 2013

Syarat Caleg Perempuan PKS Harus Dari Keluarga yang Harmonis

SEMARANG — Syarat untuk menjadi calon anggota dewan perempuan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah harus berasal dari keluarga yang harmonis. 
“CAD perempuan PKS mesti hadir dari keluarga yang harmonis, karena itu adalah penilaian pertama yang kami lakukan,” tegas Ketua Bidang Perempuan PKS, di Semarang, Jumat (19/4). Anis Byarwati,
 
Jika ada persoalan rumah tangga, atau antara istri dan suami hubungannya tidak harmonis, maka kriteria utama untuk dicalonkan sebagai aleg gugur. 
Kriteria ini penting karena ketahanan keluarga, menurut Anis, adalah pondasi utama untuk membangun bangsa dan negara.
“Jika pondasinya lemah, sulit bagi yang bersangkutan untuk ikut berpartisipasi membangun masyarakat,” kata Anis, yang tidak masuk dalam daftar CAD PKS karena terbentur aturan partai, yang tidak membolehkan dalam satu keluarga suami dan istri dicalegkan.
 
Suami Anis, yang juga salah satu Ketua DPP PKS maju sebagai caleg.
Dalam kesempatan itu Anis menyampaikan, jumlah keterwakilan perempuan yang diajukan sebagai calon anggota legislatif PKS di tingkat pusat mencapai 38,8%. Atau 191 perempuan dari total 492 calon anggota dewan (CAD) yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).
“Mereka bukan hanya sekedar melengkapi persentasi CAD perempuan, tapi mereka perempuan-perempuan terpilih dan berkualitas,” tutur  Anis Byarwati,
 
Dari 191 CAD perempuan yang diajukan itu, imbuh Anis, sebagian besar berpendidikan sarjana, baik S1, S2,  bahkan ada beberapa yang menyandang gelar doktor atau S3.
Anis Byarwati yakin, CAD perempuan PKS akan mampu menyumbang suara signifikan bagi PKS dalam Pemilu tahun 2014.
 
Keyakinan ini didasari pada pengalaman Pemilu 2009 lalu. Menurut dia, ada beberapa anggota dewan perempuan di PKS yang terpilih bukan karena diletakkan pada nomor urut 1.
“Mereka ada di bawah, tapi perolehan suaranya mencukupi untuk meraih kursi dewan. Insya Allah hal akan terulang di Pemilu 2014,” tandas Anis.

http://tajuk.co/2013/04/syarat-caleg-perempuan-pks-harus-dari-keluarga-yang-harmonis/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar