Selasa, 02 April 2013

Mensos Bantu Perbaikan 250 Rumah Miskin Buat Payakumbuh


Kunjungan kerja Menteri Sosial RI Salim Segaf Al Djufri ke Sumatera Barat, Senin (14/1), membawa berkah bagi Kota Payakumbuh. Dalam acara Bedah Nagari Nagari di Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat, Mensos Salim Segaf Al Djufri, menyerahkan bantuan sosial senilai Rp2,5 M kepada Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, untuk memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH) di Payakumbuh. Penyerahan cek itu, disaksikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Walikota Padang Fauzi Bahar, Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dan sejumlah pejabat provinsi dan Kota Padang lainnya.


Bantuan sosial yang diterima Walikota Riza Falepi itu, buat perbaikan 250 RTLH. Setiap KK miskin akan mendapat bantuan Rp10 juta, dalam bentuk bahan bangunan rumah. Awalnya, Kota Payakumbuh meminta bantuan untuk 200 RTLH. Tapi, oleh Kementerian Sosial, ditambah menjadi 250 RTLH. Karena, setelah kunjungan staf Ditjen Bantuan Sosial ke Payakumbuh, sekitar November 2012, ternyata masih banyak rumah KK miskin yang mesti ditangani serius.


“Kita sangat berterimakasih sekali kepada Menteri Sosial, Pak Salim Asegaf, yang menambah bantuannya buat Payakumbuh. Hal ini, juga tidak terlepas dari dukungan moral Pak Gubernur Irwan Prayitno, “ ungkap Riza Falepi.


Menurut Walikota Riza, kegiatan perbaikan RTLH itu akan dilakukan dalam bentuk bedah nagari pada Nagari Koto nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara serta pada Nagari Lamposi di Kecamatan Lamposi Tigo Nagari. Rencananya, bedah nagari itu akan diresmikan oleh Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al Djufri, sekitar Januari atau Februari nanti.


Terhadap rumah warga miskin yang akan diperbaiki, sebut walikota, sudah dilakukan pendataannya. Prioritas yang akan mendapatkan bantuan, adalah rumah warga miskin yang benar-benar tidak layak huni. Karena itu, pendatannya dilakukan secara transparasi, melibatkan camat, kepala kelurahan dan tokoh masyarakat setempat. Nama-nama KK miskin yang akan menerimanya sudah dikirim ke Kementerian Sosial, jauh hari sebelumnya.

Kegiatan bedah nagari dengan sasaran perbaikan rumah warga miskin, bagian dari visi dan misi pasangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Suwandel Muchtar, dalam usaha mengurangi angka kemiskinan di kota ini. Walikota berharap, agar pekerjaan RTLH lebih efisien dan berdaya guna, partisipasi masyarakat sangat diperlukan, dalam bentuk gotong royong. Sehingga, fisik rumah yang dikerjakan bernilai lebih besar dari bantuan yang diterima, ungkap Riza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar