Selasa, 02 April 2013

Mensos Tetapkan Tujuh Kota/Kabupaten Sejahtera di Indonesia

Tujuh kota dan kabupaten di Indonesia, satu di antaranya Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, bakal ditetapkan Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri, sebagai kota atau kabupaten sejahtera percontohan di Indonesia. Untuk itu, Menteri Sosial mengundang Walikota Riza Falepi ke Jakarta bersama enam walikota dan bupati lainnya, guna membicarakan program kota dan kabupaten Sejahtera tersebut, Selasa (2/4).

“Benar, saya diundang Mensos datang ke Jakarta,  membicarakan program kota dan kabupaten sejahtera itu. Rapatnya, berlangsung di balairung lantai I2 Matramam Jakarta,  malam ini (Selasa malam, red).  Pagi ini, saya akan berangkat ke Jakarta,” ucap walikota Riza Falepi, di balai kota di Bukik Sibaluik, saat mau berangkat ke Padang, Selasa (2/4).

Enam kota dan kabupaten lainnya itu, masing-masing Kabupaten Bantaeng (Sulsel), Kota Metro (Lampung), Kabupaten Tanah Laut (Kalsel), Kabupaten Sragen (Jateng), Kota Sukabumi (Jabar) dan Kabupaten Berau (Kaltim). Menurut walikota Riza, rapatnya dipimpin langsung Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Hartono Laras. Selain pimpinan daerah, juga diundang  Kadis Sosial provinsi, kota dan kabupaten bersangkutan.

Kota atau kabupaten sejahtera, dikatakan, salah satu model penanganan dan pemberdayaan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) Tahun 2013, melalui sistem pelayanan terpadu. Selain itu, kota dan kabupaten yang ditunjuk Kemensos, di antara daerah yang punya komitmen tinggi dalam menekan angka kemiskinan serta pemberdayaan masalah kesejahteraan sosial.

Kota Payakumbuh sendiri, ungkap walikota Riza Falepi, dalam mengaplikasikan kegiatan PMKS dilakukan dengan banyak kegiatan terpadu, melibatkan seluruh SKPD dan stakeholder serta  tokoh masyarakat.  Rasa kesetiakawanan, kebersamaan dan semangat gotong royong yang masih terpelihara, membuat setiap program yang diluncurkan Kemensos ke Payakumbuh, berjalan sesuai harapan pemerintah pusat.

Menurut walikota, bagaimana bentuk nyata dari program kota atau kabupaten sejahtera itu, dalam rapat dimaksud akan terjawab. Kita akan berupaya, pencanangan program kota/kabupaten sejahtera oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri  belangsung di Payakumbuh. “Kita akan sampaikan keinginan ini kepada  bapak Menteri Sosial,” tegas walikota.

Kota dan kabupaten sejahtera adalah daerah yang ramah terhadap anak, penyandang cacat, orang lanjut usia, serta ramah pada pelayanan publik. Dinas-dinas yang melayani kesejahteraan masyarakat berada di bawah satu atap, dilengkapi  dengan  relawan yang siap membantu warga untuk mendapatkan pelayanan. “Dalam rapat nanti, mudah-mudahan akan terjawab  bentuk nyata dari program kota/kabupaten sejahtera itu,” simpul Riza. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar