Selasa, 18 Juni 2013

Gubernur ini 4 kali dilantik dalam 5 tahun

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyampaikan hal menggelitik saat melantik Gatot Pujonugroho sebagai Gubernur Sumatera periode 2013-2018. Menurutnya, Gatot pantas tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) karena menjadi kepala daerah yang paling sering dilantik dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

"Seingat saya, ini keempat kalinya saya melantik Pak Gatot dalam lima tahun ini. Menurut hemat saya, belum ada kejadian seperti ini di Indonesia, sehingga bisa juga diberikan rekor Muri," ujar Gamawan usai melantik Gatot di Gedung DPRD Sumut, Senin (17/6/2013).

Politikus PKS itu sudah empat kali dilantik lewat mekanisme rapat paripurna, yang keseluruhannya dihadiri Gamawan.

Gatot pertama kali dilantik sebagai Wakil Gubernur Sumut pada 2008 bersama Gubernur Syamsul Arifin. Kedua, dia dilantik sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sumut pada 2011 setelah Syamsul Arifin menjadi terdakwa kasus korupsi.

Pelantikan ketiga berlangsung pada akhir Februari 2013. Saat itu, Gatot dilantik sebagai Gubernur Sumut setelah status terpidana Syamsul Arifin berkekuatan hukum tetap. Terakhir, pelantikan hari ini sebagai Sumut periode
2013-2018 bersama Wakil Gubernur Tengku Erry Nuradi.

Gamawan berharap pelantikan kali ini dapat dijadikan momentum untuk melakukan perubahan secara fundamental di Sumut. Sumut pernah memiliki filosofi pembangunan yang sangat baik, dan harus dihidupkan kembali.

"Seingat saya, Sumut ini pernah punya slogan "Marsipature Hutanabe". Kalau saya enggak salah, artinya Pulang Membangun Kampung. Di luar sana banyak orang Sumut yang sudah sukses. Sudah saatnya gubernur sebagai pimpinan tertinggi di daerah ini, dapat menjembatani orang-orang yang berhasil itu, untuk ikut membangun Sumut,"pungkasnya.

Gamawan berharap pasangan Gatot-Erry bisa mengemban amanah yang diberikan kepada sesuai dengan sumpah yang mereka ucapakan. Mantan Gubernur Sumatera Barat itu juga meminta pasangan tersebut menjaga keberagaman di Sumut dan memperhatikan kelestarian Danau Toba.

"Juga ada ungkapan di Sumut yang perlu digali dan dilanjutkan yaitu Marsipature Hutanabe. Ini kekuatan Sumut, karena banyak tokoh Sumut yang sukses," katanya.

Gatot merupakan Gubernur Sumut ke-18. Dia menjadi orang nomor satu di Sumut setelah memenangkan pilgub pada 7 Maret 2013 bersama Tengku Erry Nuradi. Pasangan ini diusung PKS dan sejumlah parpol lain.

Seusai dilantik, Gatot menolak diwawancarai wartawan. Alasannya, dia sudah ditunggu Mendagri. Hanya, Tengku Erry Nuradi yang sempat memberikan komentar. "Semoga Sumut terus kondusif, aman, dan berdaya saing," ucapnya. [okezone]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar