Sabtu, 24 Agustus 2013

Berkah Kemenangan GANTENG, Sisa anggaran Pilgubsu Rp203 M dikembalikan

MEDAN - Pelaksanaaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang berlangsung hanya satu putaran pada Maret 2013  lalu berhasil menghemat APBD Provinsi Sumatera Utara sebesar Rp203,9 miliar. Sisa dana penyelengaraan Pemilu tersebut akan dikembalikan ke kas daerah yang akan digunakan untuk pembiayaan pembangunan.

Penyerahan pertangguangjawaban penggunaan dana untuk kegiatan Pilgubsu tersebut berlangsung di Gubernuran, dalam acara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut.  Dalam acara yang dibuka oleh Gubsu  Gatot Pujo Nugoro, tersebut terungkap bahwa Pilgubsu yang berlangsung aman damai satu putaran tersebut hanya menggunakan dana 68,45% dari alokasi yang ditetapkan pada APBD senilai Rp 646,4 miliar.

Dana tersebut digunakan untuk penyelenggaraan pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Polda Sumut  sebagai koordinator pengamanan. Dari total dana alokasi Pilgubsu untuk tahun anggaran 2012 dan 2013 tersebut, KPU yang mendapatkan alokasi Rp482,58 miliar menggunakan 68,35 persen saja dari alokasi dan mengembalikan dana Rp152,728 miliar. Sedangkan Polda Sumut sebagai koordinator pengamanan mendapatkan alokasi Rp87 miliar dan menggunakan hanya 49,49 persen,  alokasi dan mengembalikan Rp43,94 milyar. Panwaslu yang memperoleh alokasi Rp76,82 miliar , menggunakan 90,55 persen dari alokasi dan mengembalikan Rp7,26 miliar ke kas daerah.

Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya karena seluruh tahapan Pilkada Gubsu/Wagubsu telah berjalan dengan lancar, aman dan kondusif dengan satu putaran.

"Penyelenggaraan Pilkada Gubsu dan Wagubsu berjalan lancar, aman dan kondusif satu putaran sehingga alokasi dana yang disiapkan telah bersisa ke kas daerah sehingga sisa anggaran ini bisa digunakan untuk kegiatan pembangunan lainnya," ujar Gubsu yang juga kader PKS itu.

Gubsu meminta agar penyelenggaraan pilkada, yang berlangsung kondusif dan hemat biaya sebagaimana yang dilakukan di Sumut pada proses Pilgubsu Maret lalu dapat menjadi contoh bagi enam kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada pada tahun ini. Gubsu juga mengungkapkan apresiasi dan terimakasih kepada pihak-pihak penyelenggara Pilkada Gubsu/Wagubsu yang telah bekerja keras sehingga proses pemilu berjalan aman, tertib dan lancar. "Terimakasih kepada KPU dan Panwaslu, juga aparat keamanan yang berjasa  sehingga Pilgubsu berjalan baik, aman, tertib dan lancar," ujar Gubsu.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Saleh Bangun, Kapolda Sumut  Irjen Pol Syarief Gunawan, Pangdam I BB Mayjen TNI Burhanuddin Siagian, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut A TH Pudjiwahono, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Sungkono, Dan Lantamal I Belawan Laksma Didik Wahyudi, Sekda Provsu Nurdin Lubis,  Ketua KPU Sumut Surya Perdana, Ketua Panwaslu David Susanto,  Kepala BIN Daerah Sumut Brigjen TNI Cucu Soemantri, Dan Lanud Suwondo Kol PNB SM Handoko.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpolinmas Eddy Sofyan, mengungkapkan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku maka dana yang tidak terpakai tersebut akan dikembalikan ke kas daerah untuk digunakan baiaya pembangunan pada PAPBD maupun ABD 2014.  Akhir bulan ini menurutnya Pemprovsu akan menyerahkan berkas pertanggungjawaban yang sudah diserahkan tiga instansi tersebut untuk diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan.
(waspada)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar